Senin, 30 Juli 2012

USAHA SAMPINGAN KETIKA MENGGARAP SAWAH

Di daerah Semende hampir semua penduduk sebagai petani padi dan kopi. Kedua tanaman ini adalah tanaman tahunan dan masa panennya bersamaan. masa penggarapan lahan padi biasanya memang sangat terikat dengan waktu. Pada ahir bulan Oktober setiap tahunnya adalah awal menggarap sawah, yang dimulai dengan menyemai benih (NGUNI), ini biasanya memakan waktu maksimal 6 hari (mulai dari pencangkulan, pemegaran dan menyemai). Kemudian dilangsungkan penggarapan sawah (PANGKE NJAWAT) sampai benih (UNI) berumur 70 hari. penggarapan sawah jika dilaksanakan dengan tekun dan kerja disiplin maksimal 40 hari. ada waktu kosong minimal 30 hari.
masa-masa kosong ini bisa dimanfaatkan untuk menciptakan usaha pertanian sampingan (MBUAT KEBUNAN ) menanam cung, cabe, kacang-kacangan dan lain-lain. saya gambarkan misalnya menanam cung (TUNGDIRE/CUNGKEDIRE) sebagai usaha sampingan yg mudah dan menguntungkan. Langkah-langkahnya sebagai berikut.


1. Menyemai benih cung (NJAMBANG)
agar mudah dan efektig, bibit cung dapat di semai didalam wadah bekas (baskom, ember, grejen dll). taburkan biji cung diatas wadah yg diisi tanah yang bagus, kemudian hamburkan tanah sehingga menutupi biji cung, siram secukupnya dan beri atap supaya teduh sampai benih mulai tumbuh. setelah benih tumbuh, buka tutup sehingga menerima sinar matahari dengan sempurna. tunggu bibit sampai berumur 10-15 hari siap tanam.

2. menyiapkan lahan (MBUAT KEBUNAN)
Penggarapan lahan dimulai dari menentukan tempat yang akan dijadikan lahan di sekitar pinggir /sawah.  mengenai luas lahan yg dibutuhkan sesuai dengan ketersediaan lahan yg kita miliki serta kemampuan kita menggarapnya.
kita mulai dengan menggemburkan tanah (NDEBOU) dengan ukuran 1 m x 3m untuk setiap bagian dengan membuatnya lebih tinggi/terasering/BEDENGAN. sehingga lahan kita tampak memanjang, kemudian kita buat kiri kanan menyerupai siring sebagai tempat meletakkan pupuk kandang , Urea dan SP36  (ukuran urea dan sp36 tdk perlu banyak cukup sesendok makan (SESIDU) setiap sekitar bilah). setelah itu kita kasih bilah di tempat pupuk tadi sebanyak 6 bilah sebelah kiri dan 6 bilah sebelah kanan dengan ukuran jarak yang sama. kemudian kita tutp dengan tanah sehingga pupuk tidak keluar lagi. bilah-bilah tadi adalah tempat kita menanamkan benih yg sedang kita semai. Dengan demikian untuk Lahan 1m x 3 m dapat kita tanam CUNG sebanyak 12 batang. jika ingin menambah lahan, maka kita buat ukuran lagi 1m x3m yang berjarak 0,5 m (setengah Meter) dari lahan sebelumnya.  Untuk satu lahan 1m x 3m kita menghabiskan waktu 1 jam.  Jika umur benih 15 hari dan sehari kita menyiapkan lahan satu buah, maka seumur benih siap tanam kita bisa menyediakan 10 lahan yg penggarapannya hanya sejam sehari, pagi atau sore hari. dengan demikian kita bisa menanam cung di 10 lahan sebanyak 120 batang.

3. Penanaman CUNG
Sebelum menanam sebaiknya lahan yang sudah siap tadi, mungkin mulai tumbuh rumput muda. agar waktu menanam tetap bersih sebaiknya rumput muda kita semprot terlebih dahulu. benih berumur 10-15 hari siap kita tanam. Usahakan penanaman di sore hari agar tanaman tidak layu, jika perlu setelah di tanam tutup dengan secarik daun pisang (jika menanam musim Panas).

4. Perawatan
Setelah penanaman, pasanglah sebatang bilah bambu/ kayu yg kecil (JUNJUNGAN) sepanjang 2m untuk setiap batang cung . bilah bambu ini sebagai tempat Cung berdiri tegak. setelah tanaman mulai tumbuh, buanglah setiap tunas yang tumbuh (tunas akan selalu mucul sebelum tanaman berbunga), ketika cung mulai berbunga peliharalah dua cabang saja yaiu cabang asli dan cabang yang berada sebelum bunga pertama. sedangkan cabang yang lain selalu kita buang (Cung akan selalu bercabang setiap sebelum bunga). Jika cung sudah tinggi dia akan roboh, untuk menghindari rebah/roboh maka kita ikatkan batang cung ke bilah bambu yg sudah kita siapkan. Perhatikan pertumbuhan tanam, semakin tinggi tanaman semakin banyak kita mengikatnya agar tanaman terus berdiri mengikuti bilah bambu (tidak roboh). Pertumbuhan tanaman yg subur ketinggiannya akan melewati bilah (JUNJUNGAN) yg kita sediakan. biarkan jika ujung tanaman sudah melewati bilah, biarkan saja dan buanglah bunganya biarkan hanya daunnya saja. yang berbuah cukup di sepanjang bilah bambu saja.

5. Hasil dan Panen
jika dalam sebatang cung kita pelihara dua cabang, maka setiap cabang akan menghasilkan sekitar 10 tangkai, setiap tangkai akan berbuah cung yang super sebanyak 6-9 biji, sehingga setiap batangnya akan menghasilkan 20 tangkai yang berbuah sekitar 20 tangkai x 8 biji = 160 biji. cung yg bagus antara 40- 50 biji beratnya 1 kg. sehingga sebatang cung bisa mencapai 2-3kg.
JIKA KITA MENANAM CUNG DI 10 LAHAN UKURAN 1m X 3m  AKAN MEMILIKI TANAMAN CUNG SEBANYAK 120 BATANG, SETIAP BATANG AKAN BERBUAH 2 KG. MAKA 120 X 2KG = 240 KG HASILNY. JIKA HARGA /KG 5000 MAKA 250 KG X Rp. 5000 KITA BISA MENGHASILKAN DALAM PANEN UANG TAMBAHAN DALAM WAKTU SEKITAR 3 BLN SEBANYAK 1.250.000.
TANAMAN PADI TERUS,, CUNG DLL JUGA TERUS,.
AKU SERING MEMBUKTIKAN...!!!!!! DAN SUDAH MERASAKAN NIKMATNYA.
SELAMAT MENCOBA !!!!!!!.
SEMOGA BERMANFAAT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar